Part 4: Fun Physio & Sport Therapy Session

Ola! Akhirnya ada waktu juga untuk cerita tentang proses terapi setelah arthroscopy kemarin itu. Sebelumnya kan gw udah pernah singgung yaa kalau terapi gw akan ditanganin sama partnernya dokter Yudistira, yaituu Dr. Antonius Andi Kurniawan (bisa dipanggil dr. Andi). Klik disini untuk detail profilnya.

Sama dokter Andi (dengan lanyard merah) & R

Dr. Andi ini salah satu tim dokter atlet saat Olympiade London, Rio, Tokyo, tim dokter di Asian Games dan juga aktif di Koni pusat. Intinya, pak dokter ini memang spesialis dokter olahraga gaes. Sebelumnya juga tim dokter Satria Muda. Dahlah yaaa prestasinya udah gak main-main lagi. Jadi waktu gw di rujuk ke dokter Andi ini agak wow juga siih gw jadi berasa atlet ye kaaan hehehehehe.

Anyway selain praktik di Rs. Carolus, pak dokter ini punya klinik sendiri yang khusus untuk terapi olahraga, klik disini untuk dapetin informasi lengkap kliniknya: klinik utama eminence. Nah untuk terapinya gw memilih ke klinik eminence aja, karena dari segi lokasi lebih strategis dan jam-nya juga lebih fleksible daripada ke RS. Gw rutin terapi di Menara BTPN, Mega Kuningan karena disitu udah lengkap sekaligus dengan gym.

Kali pertama dateng ya pasti di evaluasi & konsultasi dulu sama dokter Andi. Setelahnya dibuatin program terapi gitu dan langsung mulai gaes! Hohoho. Kalo info dokternya, setelah operasi lebih baik secepatnya mulai terapi. Biar kakinya cepet dipulihkan sebelum kaku, gitu. Jadi gw mulai-lah terapi 15 sesi di hari ke-2 pasca operasi. Wadaw!

Metode terapinyaa dengan penguatan otot. Iyes gaes jadi olahraga kitaaa huehehehe. Awal-awal sebelum terapi di kompres es dulu, kadang di setrum2 pake alat gitu untuk ngurangin bengkak sekaligus ngerangsang ototnya biar lebih lentur gitu sebelum olahraga.

Latihan in bed kira-kira begini nih. Pake leg band 1-2kg in pair hehehe

4 minggu pertama gw masih latihan di bed aja. Makin lama yaa latihannya makin ruar biasa kak. Hehe. Yaa kalo lututnya udah semakin kuat nanti latihannya jadi in bed & gym, gituu. 2 minggu awal gw latihan 3x/minggu. Lalu setelah lepas perban jadi 2x/minggu (Karena gw udah mulai kerja wfo) sampe sekarangpun masih rutin 2x seminggu. Oia terapisnyaa yaa udah pasti lulusan S1 olahraga yaa dan mereka dapet training tambahan lagi, jadi no worries semua terapisnya punya bekal ilmu kok. You are in good hand 🙂

Gini kira-kira kalo udah mulai di gym

What I love about this two doctor adalah, duh bener deh mereka jagain bener pasiennya. Gw memang bolak-balik konsul kaan sama mereka berdua, jadi kalau ada keluhan yaa langsung di atasi gitu. Dokter Yudis jagain kondisi lutut secara medis, pantau kondisi lutut dan bantu kasih obat agar latihan gw nyaman. Dokter Andi jagain program latihan dan progress otot gw. Jadi yaa kalo lagi ada keluhan langsung latihan di turunin, kalo kondisi OK maka anda akan di “hajar” lagi hahahahaha.

Dalam prosesnya memang ada ups & downs. Kalo di gw, minggu ke 8-10 tuh rasa paling ga nyaman karena udah lepas pain killer dan latihan mulai di tingkatin. Jadi masa-masa itu gw ngerasa lutut ngganjel & nyeri gitu. Which is, kata dokter Yudis its normal karena sel-sel di dalem mulai regenerasi, gitu. Yang penting dijaga ajaa, dikasih tau kondisi apa yang gw mesti “alert” dan kondisi apa yang masih wajar. Disaat gw down, yang support gw paling kenceng tuh dokter Yudis & dokter Andi ini. Mereka yang selalu kasih semangat dan terus uplifting mood gw biar terus rajin latihaan. Ah udahlah love banget dokter-dokter gw ini ❤

Saat gw nulis ini, sesi terapi gw udah jalan sampai 27 sesi dan masih akan di tambah lagi hahahaha. Genep akan menjadi 40 sesi. Dengan target di 4 bulan pasca operasi (February) gw udah bisa olahraga lagi. Lho kok banyak banget? Iyes karena kondisi setiap orang kan beda-beda yaaa. Dan gw kepengen di awasin terus sampe gw bener-bener aman olahraga. Dan dua dokter ini sangat support gw jadi ini memang my choice juga. Mungkin kalo gak sampe ada goal kembali olahraga bisa selesai di 30 sesi, mungkin lho yaa balik lagi ke kondisi masing-masing yah gaes ^^

Udah masuk bulan ke – 3 latihannya mulai kerasa lagi nge-gym aja. hahahahahaha

Kalau ada yang lagi ngalamin masalah meniscus torn dan harus operasi, pilihan terapi mestinya juga harus di tanyain yah gaes. Terutama kalo masih muda dan masih mau kembali aktif olahraga lagi. Karena setiap dokter tuh punya metode yang berbeda kaan, jadi make sure you know what you need and choose the right doctor to make it happen ^^

Leave a comment